Kapan Waktu yang Tepat Untuk Ibadah Haji dan Umroh?

waktu yang tepat umroh dan haji

Sebelum berangkat beribadah haji dan umroh, maka calon jemaah harus lebih dulu tahu iklim, cuaca dan situasi serta kondisi tanah suci di jadwal keberangkatan kita. Apakah tengah musim panas, musim dingin atau musim dengan iklim normal? Hal itu dimaksudkan supaya kita bisa melakukan persiapan yang disesuaikan dengan musimnya, menyiapkan obat-obatan khusus yang mengantisipasi penyakit musiman serta membawa pakaian tambahan supaya terhindar dari berbagai masalah.

Lantas kapan waktu yang paling tepat dan dianjurkan untuk melakukan ibadah umroh? Baik itu untuk diri sendiri atau bersama dengan keluarga besar. Pertama-tama perhatikan bahwa Arab Saudi memiliki tiga iklim gurun, yakni musim panas dengan temperatur hingga 44 derajat Celcius di bulan Juni-Agustus. Musim dingin dari November hingga Januari dan Maret hingga Mei adalah iklim normal.

Jika tak ada masalah dengan cuaca, dan mengejar pahala umroh yang setara haji, maka berumrohlah pada bulan Ramadhan. Akan tetapi jika inginkan ibadah yang tenang, sekaligus menjadikannya momen untuk muhasabah diri dan tafakur, lakukan ibadah umroh pada akhir tahun. Dimana anak-anak sekolah tengah berlibur dan kita juga bisa mengajak keluarga turut serta beribadah.

Selain itu, beribadah umroh di akhir tahun udaranya lebih sejuk dan lebih bersih. Situasi lengang dan tak berdesak-desakan sehingga bisa berkesempatan untuk mencium Hajar Aswad, ke raudhah atau Hijr Ismail.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.