Daftar Perlengkapan Haji dan Umroh yang Wajib Dibawa Jemaah

perlengkapan haji dan umroh

Bagi anda yang sudah mendapatkan pemberitahuan keberangkatan ibadah haji, tentu sudah disibukkan dengan berbagai persiapan untuk berangkat. Jangan lupa untuk mengumpulkan informasi perlengkapan apa saja yang harus dibawa ke tanah suci kelak, supaya tidak timbul masalah apapun dan mengurangi kekhusyukan anda dalam beribadah.

Ada banyak barang yang harus dibawa saat menjalankan ibadah haji dan umroh, akan tetapi anda harus pandai memilah mana yang paling penting dan paling krusial untuk mendukung ibadah anda di sana. Berikut adalah daftar perlengkapan haji dan umroh yang harus anda bawa:

  • Buku saku doa dan guide: jika dulu berbentuk buku saku, maka sekarang anda bisa mendownloadnya dalam ponsel. Kapanpun di manapun, anda tinggal membuka ponsel dan melihat aplikasinya.
  • Perlengkapan kesehatan: seperti obat-obatan pribadi dan juga obat pertolongan pertama pada kecelakaan.
  • Perlengkapan tambahan ibadah dan untuk tidur: misalnya bantal leher, tutup mata, kaos kaki dan manset (bagi perempuan), kantong batu kerikil, alat cukur, alat jahit dan kacamata.
  • Perlengkapan mandi: bawa yang penting saja seperti bodywash, pasta gigi dan lotion anti UV.
  • Perlengkapan mencuci: karena tak ada laundry, maka cucian dikerjakan sendiri dan harus membawa hanger, jepitan baju dan jika perlu pakai tag supaya tak tertukar.
  • Perlengkapan makan: sendok, garpu, piring dan gelas sendiri. Supaya tak risih menggunakan bekas orang lain.

Bagaimana? Sudah menyiapkan semuanya? Semoga selamat sampai tujuan dan bisa menjadi haji yang mabrur. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.