Keistimewaan Umroh di Bulan Ramadhan

keistimewaan umroh di bulan ramadhan

Bulan puasa adalah bulan yang sangat istimewa, dimana semua amal kebaikan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT dan membuat kaum muslimin muslimat berlomba untuk memperbanyak amal ibadah di bulan penuh berkah ini.

Ada satu lagi hal yang membuat bulan Ramadhan menjadi begitu istimewa, sebab melakukan ibadah umroh di bulan puasa, setara dengan melakukan ibadah haji. Seperti diriwayatkan dalam Shahihain dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda pada seorang wanita Anshar yang tak mengikuti ibadah haji bersama beliau, dikarenakan unta untuk kendaraan berhaji hanya dua dan itu pun harus dibagi untuk mengairi ladang.

Nabi bersabda: ‘Maka apabila datang Ramadhan, berumrohlah. Karena sesungguhnya umroh di dalamnya menyamai ibadah haji.’

Oleh karena itu, banyak umat selepas Rasulullah SAW wafat, berbondong-bondong melaksanakan umroh di bulan suci Ramadhan. Sekalipun tidak mudah sebab mengingat cuaca Arab Saudi yang sedemikian panas, ditambah lagi harus berpuasa, dehidrasi dan migrain membayang setiap jemaah, namun Insyaallah Allah melihat perjuangan kita, asal kita menjalaninya dengan hati ikhlas dan mengharap ridha Allah SWT.

Kemudian keutamaan dari umroh di bulan Ramadhan ini adalah bagi orang yang ingin berhaji, namun belum mampu melaksanakannya, kemudian diganti umroh di bulan Ramadhan. Dijalani dengan ikhlas, ridha dan sentiasa demi Allah SWT, maka orang tersebut akan mendapatkan pahala haji secara sempurna bersama Rasulullah SAW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.