Cara Mengecek Nomor Porsi Haji dan Estimasi Pemberangkatan

cara mengecek nomor porsi

Menginjakkan kaki di tanah suci untuk menunaikan ibadah haji, merupakan mimpi terbesar bagi seluruh muslim muslimah beriman di seluruh penjuru bumi. Naik haji merupakan rukun Islam nomor lima, yang menjadi bukti kesungguhan kita untuk memenuhi kelima rukun Islam dengan ikhlas.

Akan tetapi, disebabkan oleh banyaknya calon jemaah haji yang mendaftar dan ingin segera berangkat menuju tanah suci Mekah, maka terjadi antrian yang begitu panjang dengan estimasi pemberangkatan yang tidak sebentar.

Setelah melakukan setoran awal sebesar 25 juta Rupiah ke BPS (bank), maka calon jemaah haji akan mendapatkan nomor porsi haji. Nomor ini bisa dikatakan sebagai nomor antrian keberangkatan kita untuk menunaikan ibadah haji.  Lalu bagaimana cara mengecek nomor porsi haji tersebut, dan mengetahui estimasi pemberangkatan kita?

Ternyata kita bisa mengecek nomor porsi haji dan estimasi pemberangkatan secara dalam jaringan (daring/online). Caranya adalah dengan membuka website resmi Kementrian Agama lalu masuk ke menu Basis Data dan masukkan nomor porsi haji kita di sana. Apabila tidak muncul data, berarti tengah dilakukan pembaruan data oleh kementrian agama dan kita bisa kembali nanti.

Apabila tidak bisa mengoperasikan komputer dan bermain internet, maka sebaiknya jika menghubungi call center haji dari Kementrian Agama, di nomor 021-500425. Jika belum bisa juga, maka kita bisa mendatangi sendiri kantor kementrian agama setempat, tempat dimana kita melakukan pendaftaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.