Tips Agar Tak Kalap Saat Belanja Oleh-oleh Haji

belanja oleh-oleh haji

Semua orang tahu jika watak orang Indonesia adalah senang berbelanja dan royal dalam membeli aneka barang berbau luar negeri, apalagi yang harganya murah. Jangan heran jika saat kita beribadah umroh maupun haji, di puluhan toko berjubel jemaah dari Indonesia. Menawar ini dan itu, membungkus macam-macam produk, membayar dan beralih ke toko yang lainnya.

Berbelanja memang mengasyikkan, tetapi kekhusyukan ibadah kita bisa terganggu jika dalam pikiran hanya belanja oleh-oleh saja yang dibayangkan. Belum lagi jika kita mulai merasa menyesal karena belanja yang terlalu banyak. Berikut ini adalah tips supaya tidak kalap saat belanja oleh-oleh ibadah haji.

  • Buat daftar belanja: Pastikan kita patuh dengan daftar ini ya!
  • Lokasi penjual oleh-oleh: Di Mekah dan Madinah terdapat lebih dari seribu pedagang yang menawarkan jualan mereka pada para jemaah haji. Kita sebagai calon pembeli, harus mengecek daftar belanja dan melihat apakah lokasi dimana semua oleh-oleh itu berada lokasinya berdekatan? Supaya lebih efektif waktu dan ongkos.
  • Belanja bersama teman/muhrim: Hal ini dimaksudkan untuk mencegah pelecehan mental/psikis yang bisa saja kita dapatkan saat berbelanja di negeri orang.
  • Gunakan bahasa Arab: Setidaknya menghapal beberapa kosakata penting dalam bahasa Arab , untuk memperlancar komunikasi.
  • Siapkan dana cadangan: Sekalipun kita memiliki dana cadangan, tapi tidak berarti bisa belanja seenaknya. Jadikan dana cadangan tersebut dana darurat andai suatu kejadian buruk terjadi.

Nah, itu dia beberapa tips supaya tidak kalap saat berbelanja oleh-oleh dari tanah suci. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.