Tata Cara Manasik Umroh Sesuai dengan Sunnah Rasul

manasik umroh

Bisa menjejakkan kaki di tanah suci adalah pencapaian yang luar biasa sebagai seorang muslim atau muslimah. Mengingat tak mudah untuk sampai di tanah Mekah dan Madinah. Butuh persiapan mental dan fisik yang tak sebentar, serta mencukupi biayanya yang tidak sedikit. Akan tetapi, semua itu kembali pada panggilan Allah, dengan ridha dan kuasa-Nya maka siapapun hamba-Nya, dalam keadaan seperti apapun, akan menemuinya di tanah suci dalam sekali panggilan.

Baik itu ibadah haji maupun umroh, keduanya harus dilakukan sepenuh jiwa dan dipenuhi rukun dan wajibnya. Berikut ini adalah tata cara manasik umroh yang sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

  • Ihram: Setelah sampai di miqat, mandi dan kenakan wewangian, pakai pakaian ihram dan wanita boleh pakai gamis. Baca niat untuk umroh dan perbanyak talbiyah, shalawat dan doa yang anda sukai. Jangan langgar larangan saat ihram.
  • Thawaf: Sesampainya di Mekah, lakukan thawaf sambil bertakbir di Ka’bah sebanyak tujuh putaran mulai dari Hajar Aswad dan berakhir di sana juga. Selepasnya shalat sunnat dua rakaat di makam Ibrahim.
  • Sa’i di Shafa Marwah
  • Tahallul di Marwah: Cukurlah rambut lelaki sampai seluruhnya, bagi wanita cukup sedikit saja.

Setelah melakukan keempat poin tersebut maka selesailah manasik umroh anda. Semoga hati diikhlaskan dan dijauhkan dari penyakit hati saat melakukan ibadah sehingga ibadah ini diterima oleh Allah SWT. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.