Apa Itu Badal Haji?

Bagi sebagian orang mungkin masih bingung dengan kata “badal haji”. Apa itu badal haji? Secara singkat akan dijelaskan dalam artikel ini.

Secara Harfiah

Badal pada umumnya bukan lah istilah yang asing lagi dalam ritual ibadah haji. Namun, bagi sebagian orang, masih ada yang belum mengerti apa itu badal haji. Secara harfiah, badal haji diartikan sebagai sebagai pengganti atau wakil. Dengan kata lain badal haji disini adalah mewakili seseorang untuk berhaji dengan ketentuan atau syarat dimana orang yang mewakili tersebut harus sudah melaksanakan ibadah haji terlebih dahulu secara sempurna.

Secara Fiqih

Secara fiqih istilah badal haji disebut al-hajju ‘anil ghair yang berarti menunaikan ibadah haji untuk orang lain. Dimana dalam praktekknya, seseorang akan melaksanakan ibadah haji, tetapi niat yang ia ucapkan adalah membadalkan atau menggantikan seseorang yang tidak mampu melaksanakan ibadah haji dikarenakan sebab-sebab tertentu, seperti sakit parah, lumpuh, orang yang sudah tua dimana orang tersebut sudah merasa tidak mampu lagi melaksanakan ibadah haji atau bahkan orang yang telah meninggal dunia.

Dari dua pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa badal haji adalah mewakili seseorang untuk menunaikan ibadah haji dengan niat membadalkan haji seseorang yang sudah tidak mampu melaksanakan ibadah haji dengan syarat orang yang membadalkan sudah melaksanakan ibadah haji dengan sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.