Tiga Cara Melakukan Ibadah Haji

Ada tiga cara melakukan ibadah haji diantaranya :

  1. Haji Tamattu ( Terputus ).
  2. Haji Qiraan ( Gabungan )
  3. Haji Ifraad ( Tunggal ).

Haji Tamattu

Haji Tamattu’ berarti masuk dalam ihram untuk umrah selama bulan Haji (yaitu dari yang pertama dari bulan Syawal untuk istirahat dari fajar pada tanggal sepuluh bulan Zulhijjah), kemudian melepas ihram setelah melakukan umrah, dan kemudian kembali untuk masuk ke dalam keadaan ihram untuk ibadah haji, yang harus dilakukan dari Makkah atau di mana saja dekat untuk itu pada tanggal 8 Dzulhijjah selama dilakukan dalam tahun yang sama.

Haji Qiraan

Haji Qiraan dapat diartikan masuk ke dalam ihram baik untuk umrah dan ibadah haji pada waktu yang sama selama bulan haji, dan tidak melepas ihram sampai hari qurban (tanggal 10 Dzulhijjah), atau pertama masuk ke dalam ihram untuk umrah hanya selama bulan haji, dan membuat niat ihram untuk haji sebelum memulai Thawaf dari umrah.

Haji Ifraad

Haji Ifraad yaitu memasuki miqot ihram untuk haji selama bulan haji dari tempat ditentukan ihram, dari rumahnya jika terletak antara Mekkah dan Miqaat, atau dari Mekkah jika ia berada disana, dan untuk tetap berada di ihram sampai qurban, jika orang tersebut membawa serta binatang kurban. Jika orang itu tidak membawa hewan qurban, dan diperbolehkan untuk datang keluar dari ihram setelah melakukan umrah, dan dengan demikian ia melakukan haji Tamattu’, yaitu ia melaksanakan thawaf di sekitar Ka’bah, melakukan Sa’i dan bertahalul, kemudian keluar dari ihram, memakai pakaian yang biasa dan kembali ke keadaan semula.

cara haji seperti ini adalah apa yang Nabi Muhammad Saw sabdakan untuk orang-orang yang melakukan ihram untuk ibadah haji tanpa membawa bintatang kurban. Hal yang sama berlaku bagi orang yang melakukan haji dari Qiraan jika ia tidak membawa bersamanya suatu hewan untuk qurban sembelihan, sangat dibolehkan baginya keluar dari ihram setelah umrah seperti dijelaskan diatas.

semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.